PENERAPAN LED (Light Emitting Diode) PADA PAPAN KETIK  (Keyboard ) KOMPUTER  DAN LAPTOP ( Notebook ) UNTUK MEMUDAHKAN PENGGUNAAN FUNGSI KEYBOARD TERUTAMA PADA WAKTU GELAP

RINGKASAN KARYA TULIS

Laptop dan komputer adalah teknologi masa kini yang dibutuhkan manusia untuk membantu pekerjaannya. Banyak dari mereka menggunakan komputer dan laptop dengan metode dan cara yang bermacam-macam. Dari pencahayaan ruangan sekitar yang sangat terang, remang-remang, atau mungkin tanpa cahaya sama sekali. Bisa jadi lebih dramatis, dan lebih sinematik.  Namun dalam penggunaan papan ketik (keyboard) seringkali menjadi kendala dan masalah dalam pengoperasian (pengetikan) ketika penerangannya yang minim, mereka merasa kesulitan dalam hal pengetikan dan fungsi lainnya, hal ini dikarenakan papan ketik tidak terlihat jelas. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif untuk mengetasi permasalahan tersebut. Salah satu alternatif yang efektif dan efisien dalam hal ini adalah pemasangan lampu LED (Light Emitting Diode) pada bagian bawah tombol papan ketik (Keyboard). Karena lampu LED ini akan memberi efek pada huruf-huruf, angka dan simbol pada tombol papan ketik (keyboard) komputer atau laptop, sehingga tombol akan terlihat dengan jelas meskipun dalam lingkungan gelap sekalipun

            Tujuan yang ingin dicapai pada karya tulis ini adalah nntuk mengetahui LED (Light Emitting Diode) yang diterapkan pada keyboard dapat digunakan sebagai cahaya alternatif ketika dalam keadaan gelap,  untuk mempermudah kontrol fungsi papan ketik (keyboard) terutama dalam proses pengetikan  dan memberi nilai tambah pada keyboard dengan cahaya LED yang berwarna-warni yang tidak mengubah fungsi keyboard tersebut.          

            Keyboard ini sangat unik, karena baru kali ini ada keyboard komputer yang dapat menyala di belakang tuts-nya, seperti keypad pada handset yang kita punya. Keyboard ini dapat memancarkan cahaya LED berwarna biru atau merah dari belakang tombol di keyboard, tergantung keinginan penggunanya (OCZ Technology Group, 20/02/2009).

Kesimpulan yang dapat di ambil dari pembahasan yaitu : penerapan LED (Light Emitting Diode) mampu memberi alternatif cahaya keyboard untuk mengatasi pengoperasian penggunaan  fungsi papan ketik (keyboard) komputer dan laptop terutama dalam keadaan gelap atau ketika penerangan yang minim. LED dilengkapi saklar (on-off) sebagai tombol kontrol LED yang dapat difungsikan untuk menyalakan dan mematikan LED sesuai dengan kebutuhan. Sistem penerapan LED ini juga memilki nilai tambah atau daya tarik lebih tersendiri yaitu warna-warni lampu dan keindahan serta nilai seni yang sangat tinggi. Cara membuat keyboard yang tombolnya memancarkan cahaya yaitu dengan meletakkan LED pada bagian bawah papan ketik (keybord) dan menyambungkannya ke aliran DC yang dimiliki keyboard. LED ini di pasang secara paralel yang bertujuan agar jumlah tegangan dan arus yang dibutuhkan LED relatif kecil, sehingga tidak banyak memakan daya sumber aliraan DC.


PENDAHULUAN

Latar Belakang             

Manusia disibukkan dengan pekerjaan yang tidak lepas dari teknologi, salah satu bentuk teknologi yang sangat dibutuhkan pada era modern adalah komputer atau laptop, yaitu untuk memudahkan pekerjaan manusia seperti membuat laporan, tugas, makalah, skripsi, dan kadang-kadang juga untuk permainan (game online), tidak hanya dikalangan atas, tetapi kalangan bawah pun sudah menggunakannya untuk keperluan bisnis maupun pribadi yang mengharuskan memakai komputer dan laptop seperti pelajar, mahasiswa, pedagang, pengusaha, dan sebagainya.

Banyak orang menggunakan komputer dan laptop dengan metode dan cara yang bermacam-macam. Dari pencahayaan ruangan sekitar yang sangat terang, remang-remang, atau mungkin tanpa cahaya sama sekali. Bisa jadi lebih dramatis, dan lebih sinematik. Namun dalam penggunaan papan ketik (keyboard) seringkali menjadi kendala dan masalah dalam pekerjaan manusia dimana ketika pengoperasian pengetikan pada komputer dan laptop dalam penerangan yang minim, tidak sedikit dari mereka yang merasa kesulitan dalam hal pengetikan dan fungsi lainnya, hal ini dikarenakan papan ketik pada komputer dan laptop tidak begitu jelas yang disebabkan minimnya cahaya yang menerangi papan ketik tersebut.  Oleh karena itu dibutuhkan alternatif untuk mengetasi permasalahan tersebut. Salah satu alternatif yang efektif dan efisien dalam hal ini adalah pemasangan lampu LED (Light Emitting Diode) pada bagian bawah tombol papan ketik (Keyboard). Karena lampu LED ini akan memberi efek pada huruf-huruf, angka dan simbol pada tombol papan ketik (keyboard) komputer atau laptop, sehingga tombol akan terlihat dengan jelas meskipun dalam lingkungan gelap sekalipun.

Berdasarkan Keterangan di atas, maka disusunlah karya tulis ini dengan judul “Penerapan LED (Light Emitting Diode) pada Papan Ketik (Keyboard ) Komputer dan Laptop (Notebook) untuk Memudahkan Penggunaan Fungsi Keyboard Terutama pada Waktu Gelap

TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan Penulisan

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui LED (Light Emitting Diode) yang diterapkan pada keyboard dapat digunakan sebagai cahaya alternatif ketika dalam keadaan gelap
  2. Untuk mempermudah kontrol fungsi keyboard terutama dalam proses pengetikan
  3. Memberi nilai tambah pada papan ketik (keyboard) dengan cahaya LED (Light Emitting Diode) yang berwarna-warni yang tidak mengubah fungsi keyboard tersebut.


Manfaat Penulisan

  1. Bagi Penulis

Karya tulis ini sebagai wadah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bahwa peran dan fungsi lampu LED (Light Emitting Diode). Selain itu Penulis juga dapat memberikan sumbangsih berupa pemikiran, yaitu penerapan lampu LED pada papan ketik (keyboard) dapat membantu proses penggunaan fungsi terutama pengetikan di saat waktu gelap atau penerangan yang minim, serta memberikan efek warna-warni pada tombol-tombol keyboard. Sehingga keyboard tampak lebih menarik, indah dan praktis.

  1. Bagi masyarakat

Menambah pengetahuan serta mempermudah pekerjaan masyarakat dibidang IT (Information Technology) seperti laboratorium komputer, administrasi kantor, warnet, rental dan sebagainya.

  1. Bagi Pemerintah

Memberi masukan bagi pemerintah bahwa pengembangan IT (Information Technology) dapat dilakukan dari permasalahan-permasalahan kecil yang sedang dan banyak dihadapi masyarakat sekarang.

GAGASAN

Kondisi Kekinian

Papan Ketik ( Keyboard )

Zaman modern yang semakin maju ini, banyak orang tidak lagi melihat teknologi sebagai sebuah barang mewah yang hanya bisa dipandang saja. Teknologi yang semakin menjamur tidak bisa disangkal telah menjadi sebuah kebutuhan banyak orang dalam memenuhi segala aktivitasnya sehari-hari. Salah satu teknologi itu adalah laptop. Untuk itulah, penggunanya harus mengetahui bagaimana cara kerja laptop dengan memperhatikan fungsi tombol keyboard yang tersedia. Hal ini dikarenakan tombol keyboard sangat berperan penting dalam proses penggunaan komputer atau laptop. Ada beberapa fungsi tombol  keyboard, diantaranya :

  1. a.      Huruf

Tombol huruf dalam sebuah keyboard bisa dilihat menguasai area keyboard paling banyak. Abjad huruf mulai dari a hingga z tersedia untuk membantu seseorang dalam pengetikkan. Dalam keyboard itu sendiri, tombol-tombol tersebut dihiasi abjad besar. Ini dilakukan untuk memudahkan seseorang ketika harus diburu dalam menyelesaikan tugas. Tanpa adanya tombol huruf, secara otomatis seseorang tidak bisa mengetikkan kata-kata. Karena itulah, fungsi tombol keyboard satu ini paling dibutuhkan dalam sebuah laptop.

  1. b.      Angka

Dalam sebuah perhitungan, angka hanya ditulis dari nol hingga Sembilan. Selanjutnya adalah pengulangan dan penggabungan dua angka saja. Begitu juga dengan tombol dalam keyboard yang peletakannya salah satunya pada urutan kedua dari atas. Fungsi tombol keyboard yang satu ini tentu saja untuk menomorkan sesuatu, baik untuk penyebutan urutan maupun untuk sebuah perhitungan yang nantinya melibatkan plus, minum, bagi, dan kali.

  1. c.       Tab

Dengan dua anak panah mengarah ke kanan dan kiri, satu tombol tab mampu membuat tanda yang berkedip-kedip dalam layar laptop bergerak cepat ke kanan dan kiri. Tombol ini memiliki fungsi untuk meratakan tulisan sehingga siapapun orang yang membaca sebuah tulisan atau laporan dalam sebuah laptop akan merasa nyaman.

  1. d.      Caps Lock

Meski tombol huruf dalam sebuah laptop ditulis dengan menggunakan abjad besar, namun dengan kehadiran caps lock semua bisa diatasi. Hanya dengan sekali penekanan caps lock, maka huruf yang tengah diketik akan berubah kecil atau berubah besar dalam beberapa kalimat yang dikehendaki si pengetik.

  1. e.       Shift

Fungsi tombol shift dalam keyboard bisa dipadukan dengan hampir semua tombol dalam laptop jika penggunaannya ditekan bersama tombol lain yang dikehendaki pengetik. Tombol shift dengan tombol huruf jika ditekan secara bersamaan akan menghasilkan huruf besar dalam hasil di layar. Tombol shift dengan tombol angka jika ditekan bersamaan akan menghasilkan tanda sesuai dengan tanda di atas tulisan angka dalam sebuah tombol angka. Begitu juga ketika tombol shift ditekan bersama dengan tombol anak panah, maka yang terjadi tulisan akan diblok sesuai keinginan.

  1. f.        Ctrl

Tombol ini dibaca dengan control. Fungsi tombol keyboard ini sama dengan shift, tidak bisa berdiri sendiri. Dengan tombol ini, pengguna dimudahkan untuk memfungsikan menu yang terdapat dalam layar laptop sebuah program. Contoh: ketika tombol ctrl ditekan bersama dengan huruf “s”, maka secara otomatis laptop akan membaca perintah untuk mensave data yang tengah dikerjakan.

  1. g.      Space

Tombol space dalam sebuah keyboard laptop berguna untuk memberikan spasi atau jarak pada tulisan yang tengah dikerjakan pengetik. Bisa juga digunakan sebagai start dalam beberapa permainan yang tersedia dalam program sebuah laptop.

  1. h.      Panah

Tanda panah digunakan untuk menaik-turunkan atau mengkanan-kirikan sebuah tanda yang berkedap-kedip di layar. Tombol panah ini memudahkan pengguna mengedit hasil kerjanya secara mudah dan perlahan.

  1. i.        Del

Del bila dibaca delete, artinya penghapusan. Tombol ini berfungsi untuk menghapus tulisan di belakang tanda yang berkedap-kedip di layar laptop.


  1. j.        Back Space

Tombol back space memiliki fungsi kebalikan dari tombol delete. Back space mampu menghapus tulisan yang ada di depan tanda yang berkedap-kedip di layar laptop.

  1. k.       Enter

Jika space memberikan spasi sebuah tulisan, maka enter memberikan paragraph baru dalam sebuah tulisan.

Masih banyak fungsi lainnya yang diberikan oleh keyboard. Andaikan fungsi ini tidak berjalan dengan baik karena penggunaan dalam keadaan gelap, maka akan sangat terganggu sekali pkerjaan manusia dalam penggunaan komputer atau laptop, oleh karena itu dibutuhkan alternatif cahaya yang bisa menyinari keyboard dengan tidak menggangu aktifitas penggunanya.

Keyboard memiliki beberapa macam bentuk yang berbeda, sehingga fungsi yang dihasilkan pun juga berbeda. Berikut adalam macam-macam keyboard :

  1. a.      Keyboard Qwerty Model

Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Keyboard ini dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Disebut juga sebagai Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.

  1. b.      Keyboard Dvorak Model

Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Keyboard ini dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Sehinnga mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.

  1. c.        Keyboard ABCD Model

Tombol-tombol disusun menurut abjad. Keyboard ini tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.

Solusi yang Pernah Dilakukan

Sebagaimana telah dikemukakan bahwa papan ketik (keyboard) adalah salah satu komponen komputer dan laptop yang sangat penting dan berperan sekali, tanpa keyboard mustahil komputer dan laptop bisa di operasikan dengan baik. Tetapi apa yang terjadi jika dalam keadaan yang tidak mendukung seperti lampu mati atau cuaca yang gelap yang mengakibatkan tombol-tombol keyboard tidak terlihat jelas, oleh karena itu para pengguna seringkali mengeluh akan hal ini, beberapa macam tindakan dilakukan yaitu dengan penerangan lampu api, lilin, cahaya lampu charger, dan sebagainya. Namun hal itu tidak memberikan hasil yang efektif dan efisien, apalagi penggunaan komputer dan laptop pada malam hari yang mengharuskan lampu mati untuk menghemat energi dengan tetap menyalakan lampu (penerangan lainnya) agar aktifitas penggunaan fungsi keyboard komputer dan laptop tetap bisa berjalan dengan baik . Kejadian ini yang sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya.

Kehandalan Gagasan

LED (Light Emitting Diode) yang dipasang pada bagian bawah keyboard komputer atau laptop dengan kabel sebagai perantara ke aliran DC dipasang secara paralel, karena jika dipasang secara seri akan menyebabkan jumlah tegangan yang diberikan oleh sumber daya listrik tidak cukup untuk membangkitkan chip LED, maka beberapa LED akan tidak menyala. Sebaliknya, bila tegangan yang diberikan terlalu besar akan berakibat kerusakan pada LED yang mempunyai tegangan maju relatif rendah. Pemasangan secara paralel bertujuan agar jumlah tegangan dan arus yang dibutuhkan LED relatif kecil, sehingga tidak banyak memakan daya sumber aliraan DC. Penerapan LED tidak berpengaruh besar pada sistem kerja komputer dan laptop karena daya yang dibutuhkan sudah tersedia di sitem aliran listrik (DC) dari keyboard itu sendiri.

Keyboard yang belum menggunakan sistem LED ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya :

  1. Tombol tidak jelas ketika ruangan atau lingkungan sekitar dalam keadaan gelap. Hal ini terjadi karena keadaan sekitar yang tidak mendukung seperti lampu mati, cuaca gelap, dan sebagainya.
  2. Penerangan yang minim akan membuat mata pengguna cepat lelah atau sakit karena harus melihat dan menatap tombol keyboard dengan tegang untuk mendapat hasil yang maksimal.
  3. Daya tarik tombol keyboard tidak ada, sehingga nilai seni yang diberikan sangat kurang.

Solusi yang tepat adalah penggunaan sistem penerapan LED pada keyboard. Karena sistem ini memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Tombol akan terlihat jelas dimana dan kapanpun pengguna berada. Karena tombol keyboard akan menyala sesuai dengan huruf dan angka serta simbol yang tertera pada keyboard.
  2. Itensitas cahaya (terang-gelap) dapat diatur sesuai dengan selera dan kebutuhan, sehinga tidak mengganggu pengguna dalam pengoperasian LED tersebut terutama mata karena tombol-tombol keyboard sudah terlihat jelas meskipun dari jauh.
  3. Memilki nilai tambah, yaitu daya tarik yang mempesona karena keindahan warna yang diberikan oleh bebagai macam warna-warni sesuai dengan keinginan atau selera.
  4. Memilki tombol on-off yang berfungsi untuk menyalakan dan menghidupkan LED sesuai dengan keperluan pengguna komputer dan laptop.
  5. Huruf-huruf, angka dan simbol seta tombol lainnya yang berfungsi dalam keadaan apapun akan memberikan kelebihan tersendiri seperti kecepatan mengetik.

Pihak-Pihak yang Terkait

Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengiplementasikan gagasan ini adalah para teknisi elektronika (merancang dan mendesain) dan perusahaan yang memproduksi papan ketik (keyboard) dan laptop (notebook). Hal ini disebabkan karena terganggunya para pengguna yang semakin banyak terutama kantor-kantor pada umumnya dan khususnya bagi pengguna dari kalangan bawah atau masyarakat awam yang hanya menggunakan peralatan elektronoik seadanya, sehingga perlu diadakan pembuatan dan pelayanan penggunaan sistem penerapan LED pada keyboard untuk kemudahan proses pengguaan dan penyempurnaan teknologi komputer dan laptop ke masa depan.

Strategi Penerapan

Cara membuat sistem LED (Light Emitting Diode) pada papan ketik (keyboard) ini agar dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan fungsi keyboard tidaklah sulit yaitu dengan meletakkan LED pada bagian bawah keybord dan menyambungkannya ke aliran DC yang dimiliki keyboard laptop dengan sebuah kabel penghubung yang berjenis serat optik dan jika pada keyboard komputer yaitu dengan menyambungkan LED pada aliran DC (arus yang berasal dari USB) melalui kabel penghubung. Dalam penerapan sistem LED ini sebaiknya di pasang secara paralel, karena jika dipasang secara seri akan menyebabkan jumlah tegangan yang diberikan oleh sumber daya listrik tidak cukup untuk membangkitkan chip LED, maka beberapa LED akan tidak menyala. Sebaliknya, bila tegangan yang diberikan terlalu besar akan berakibat kerusakan pada LED yang mempunyai tegangan maju relatif rendah. Pemasangan secara paralel bertujuan agar jumlah tegangan dan arus yang dibutuhkan LED relatif kecil, sehingga tidak banyak memakan daya sumber aliraan DC. Penerapan LED tidak berpengaruh besar pada sistem kerja komputer dan laptop karena daya yang dibutuhkan sudah tersedia di sitem aliran listrik (DC) dari keyboard itu sendiri.

Salah satu kabel dipasang saklar, hal ini bertujuan untuk menyalakan dan mematikan LED agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Disaat lingkungan sekitar cerah atau penerangan yang memadai maka LED ini tidak perlu di nyalakan (off), sebaliknya, jika sekitar tempat pengguna dalam  keadaan gelap, maka LED perlu dinyalakan (on) agar tombol keyboard dapat menyala dan terlihat mata dengan jelas dengan itensitas cahaya (gelap-terang) yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan atau selera pengguna.

Sosialisasi tentang LED sebagai penerangn alternatif keyboard komputer dan laptop dapat dilakukan dengan layanan pemasangan LED melalui galery-galery elektronika dan perusahaan-perusahaan serta para teknisi elektronika yang merancang dan mendesain papan ketik (keyboard) dan laptop (notebook).

KESIMPULAN

Gagasan yang Diajukan

Sistem penerapan LED (Light Emitting Diode) mampu memberi alternatif cahaya keyboard untuk mengatasi pengoperasian penggunaan  fungsi papan ketik (keyboard) komputer dan laptop terutama dalam keadaan gelap atau ketika penerangan yang minim. LED dilengkapi saklar (on-off) sebagai tombol kontrol LED yang dapat difungsikan untuk menyalakan dan mematikan LED sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, itensitas cahaya (gelap-terang) LED yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna saat pengoperasian keyboard, sehingga mata tidak mudah lelah, capek dan sakit.

Sistem penerapan LED ini juga memilki nilai tambah atau daya tarik lebih tersendiri yaitu warna-warni lampu dan keindahan serta seni yang sangat tinggi.

Teknik Implementasi

Proses pembuatan sistem penerapan LED (Light Emitting Diode) dapat dilakukan dengan cara meletakkan LED pada bagian bawah papan ketik (keybord) dan menyambungkannya ke aliran DC yang dimiliki keyboard laptop dengan sebuah kabel penghubung yang berjenis serat optik, dan jika pada keyboard komputer yaitu dengan menyambungkan LED pada aliran DC (arus yang berasal dari USB) melalui kabel penghubung. Dalam penerapan sustem LED ini sebaiknya di pasang secara paralel, karena jika dipasang secara seri akan menyebabkan jumlah tegangan yang diberikan oleh sumber daya listrik tidak cukup untuk membangkitkan chip LED, maka beberapa LED akan tidak menyala. Sebaliknya, bila tegangan yang diberikan terlalu besar akan berakibat kerusakan pada LED yang mempunyai tegangan maju relatif rendah. Pemasangan secara paralel bertujuan agar jumlah tegangan dan arus yang dibutuhkan LED relatif kecil, sehingga tidak banyak memakan daya sumber aliraan DC. Penerapan LED tidak berpengaruh besar pada sistem kerja komputer dan laptop karena daya yang dibutuhkan sudah tersedia di sisitem aliran listrik (DC) dari keyboard itu sendiri.

Salah satu kabel dipasang saklar, hal ini bertujuan untuk menyalakan dan mematikan LED agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Disaat lingkungan sekitar cerah atau penerangan yang memadai maka LED ini tidak perlu di nyalakan (off), sebaliknya, jika sekitar tempat pengguna dalam  keadaan gelap, maka LED perlu dinyalakan (on) agar tombol keyboard dapat menyala dan terlihat mata dengan jelas dengan itensitas cahaya (gelap-terang) yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan atau selera pengguna.

Prediksi Hasil yang Akan Diperoleh

Dengan adanya penerapan LED (Light Emitting Diode) yang dilakukan dengan bekerjasama dengan para teknisi elektronika dan perusahaan yang memproduksi papan ketik (keyboard) komputer dan laptop mampu mengatasi masalah terhadap pengoperasian komputer dan laptop ketika keadaan gelap atau keadaan yang tidak mendukung (lampu mati, cuaca gelap, hemat energi lampu dan sebagainya). Sehingga pengoperasian laptop dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

DAFTAR PUSTAKA

Kompas.2008. Tipis dan Bercahaya, Keyboard Baru Logitech. Rabu, 3 September 2008 | 09:43 WIB. Jakarta :

http://nasional.kompas.com/read/2008/09/03/0943503/tipisdanbercahayakeyboardbarulogitech

Lintas Berita. 2011. Keyboard yang Bercahaya dalam Gelap

http://www.lintasberita.com/Dunia/Berita-Dunia/keyboard-yang-bercahaya-dalam-gelap

                               . 1991. Oxford Ensiklopedi Pelajar (jilid 4). Jakarta : Oxford University Press.

                               . 1991. Oxford Ensiklopedi Pelajar (jilid 8). Jakarta : Oxford University Press.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2011. Papan Ketik. http://id.wikipedia.org/wiki/Papan Ketik, 12:12, 31 Mei 2011.

Fungsi Tombol Keyboard pada Laptop. Oleh : AnneAhira.com. Bandung 40376 Jawa Barat.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2011. Dioda Cahaya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Dioda Cahaya, 14:58, 11 Juni 2011.

Sahlan, Ahlan Wa. 2010. Keyboard bercahaya dalam gelap.

http://tuanpemuda.blogspot.com/2010/06/keyboard-bercahaya-dalam-gelap.html, 12:10 2010

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2011. Dioda Cahaya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kabel, 03:49, 14 Juni 2011.

                                . Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Yuku. KBBI mobile versi 1.1.3.

http://google.com/gambar keyboard bercahaya

http://google.com/gambar LED

LAMPIRAN 1

 

Contoh bentuk keyboard :

  1. 1.      Keyboard Qwerty Model

 

  1. 2.      Keyboard Dvorak Model

 

  1. 3.      Keyboard ABCD Model

LAMPIRAN 2

Contoh bentuk  LED

  1. 1.      LED standar (warna Biru)               3. LED cembung (merah-hijau-biru)
  1. 2.      LED standar-cembung                        4. LED standar warna warni

 

LAMPIRAN 3

Contoh Keyboard dengan Penerapan Sistem LED :

 

 

  1. 1.      Keyboard dengan penerapan LED wrna biru

 

 

  1. 2.      Keyboard dengan warna biru dan merah

.

 

  1. 3.      Keyboard dengan LED merah di padu LED biru

4.keyboard dengan perpaduan banyak warna-wari.